Jumat, 15 Juni 2012

Cara Menjaga Kesehatan Mata

Cara Menjaga Kesehatan Mata



Agar mata terhindar dari masalah kesehatan, orang dianjurkan memakai kacamata pelindung sinar matahari. Sebab, sinar ini mengandung beberapa unsur yang membahayakan kulit, termasuk mata. Unsur tersebut dapat menyebabkan katarak dan dege-nerasi macula. Sinar ultraviolet yang menembus retina bisa menyebabkan kerusakan mata. Maka, ketika memilih, dianjurkan kacamata yang memiliki 99 persen atau 100 peren perlindungan UV.
Jika sering mengonsumsi alkohol, disarankan untuk dibatasi. Lebih baik berhenti. Sebab, mengonsumsi alkohol berlebihan dalam jangka lama dapat menyebabkan degenerasi saraf optik. Ini dapat mengakibatkan pengurangan visi, bintik-bintik buta, dan visibilitas warna berkurang.
Kesehatan mata juga bisa dipengaruhi kebiasaan merokok. Maka, berhenti merokok dinilai bijaksana. Apalagi setiap bungkus rokok, tertulis peringatan “merokok apat menyebabkan kanker, serangan jantung, impotensi, serta gangguan kehamilan dan janin”.
Namun, ternyata bukan itu saja. Ada hubungan langsung antara merokok dengan masalah kesehatan mata. Merokok berpotensi meningkatkan resiko sejumlah penyakit mata seperti katarak, degenerasi makula, sindrom mata kering, kerusakan saraf optik, dan retinoterapl diabetes.
Jaga tekanan darah dan kolesterol. Tekanan darah tinggi yang tidak diobati bisa mengganggu penglihatan dan menyebabkan retinoterapl hipertensi. Kadar kolesterol dalam tubuh pun sangat penting dijaga, karena kadar yang terlalu tinggi dapat menyebabkan penyakit mata vaskular.
Pendertia diabetes tetap harus mengontrol asupan gula. Sebab, komplikasi mata berhubungan erat dengan diabetes, diantaranya kebutaan, erosi kornea, katarak, penglihatan ganda, dan pendarahan.
Mereka dianjurkan mengonsumsi makanan kaya antioksidan, di antaranya daging merah, kacang polong, bayam, brokoli, tomat, kubis, kunig telur. Dengan melakukan pola hidup sehat itu, diharapkan mata terhindar dari penyakit. Mata pun tetap berbinar, menikmati indahnya alam.


1 komentar:

  1. iya sma2 gan,,
    trimakasih jga tlah brkomentar..
    smoga lncar jga kuliahnya!!hehe
    mksh tlah brkomentar di blognya anak SMA ini
    thanks

    BalasHapus

yg beri koment dpt phala bsar!!aminn,,hehe :)
jgn spam ya,pliss