Sabtu, 24 Maret 2012

Sejarah Musik Blues


Musik Blues

 Semua orang tahu bahwa sangat banyak aliran musik saat ini yang lahir dari kontribusi Blues sebagai induknya. Contoh Led Zepplin, Rolling Stone, bahkan siapa sangka kalau aktor Hollywood Steven Seagel yang mengeluarkan 2 album Blues, Bruce Willis, Samuel L Jackson adalah Bluesman yang sering menyanyikan lagu Willie Dixon.

Blues is the roots, Everything Else is the Fruits kutipan dari seorang juara tinju kelas berat Illinois State Golden Gloves yang jadi Bluesman yaitu Willie Dixon. Abad ke-19. Di ruang gelap dan pengap, di tempat penampungan para budak. Terdengar nyanyian yang penuh rintihan dari perasaan tertekan, yang memenuhi suasana tanah pertanian Amerika yang dingin, sombong dan membosankan. Tradisi oral (bernyanyi tanpa musik) dari budak asal Afrika tersebut, lambat laun mengalami akulturisasi dengan musik tradisional Eropa, dan melahirkan sebuah aliran musik baru, bernama Blues.

Akhir abad ke-19, musik Blues mulai mendominasi daerah pinggiran di bagian selatan Amerika. Baru pada tahun 1910, istilah Blues resmi dipakai. Permainan gitar pada musik Blues, populer pada abad ke-20. Sebelumnya para musisi Blues sering memakai banjo selama bertahun tahun, dan musik Blues pun terus berkembang. Bahkan di setiap daerah Amerika, melahirkan warna musik Blues yang berbeda seperti Chicago Blues (Willie Dixon, Muddy Waters, Koko Taylor), Delta Blues (Robert Lockwood jr, Robert Johnson), East Cost Blues (John Jackson) dan Texas Blues (Mike Morgan & The Crawl).
Perkembangan teknologi dalam instrumen musik, kemudian melahirkan warna baru seperti electric Blues, electric harmonica Blues, modern acoustic Blues dan modern electric Blues yang munculpada awal dekade 60-an..

Modern electric Blues adalah subgenre Blues yang paling populer hingga saat ini. Dari genre tersebut, lahir puluhan tokoh musik Blues seperti B.B. King, Buddy Guy, John Lee Hocker, Johnny Winter, Koko Taylor, Robert Cray, Taj Mahal, Dave Hole, Tinsley Ellis Freddie King, Stevie Ray Vaughan dan Kenny Wayne Shepherd.

Para musisi Inggris seperti Eric Clapton, The rolling Stones, John Mayal dan Bluesbreaker akhirnya memberi suasana baru bagi para musisi Blues Amerika. Invasi British Blues ini memicu musisi asal Amerika untuk menawarkan warna baru musik Blues. Setelah era kemunculan Jimi Hendrix dengan electric sound yang impresif, banyak bermunculan musisi Blues rock seperti mendiang Stevie Ray Vaughan, Tinsley Ellis, Taj Mahal dan dari generasi muda ada Kenny Wayne Shepherd.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

yg beri koment dpt phala bsar!!aminn,,hehe :)
jgn spam ya,pliss